Kamis, 18 November 2010

Resolusi untuk Desain Spanduk Digital

Ketika awal-awal saya membuat desain spanduk untuk dicetak secara digital, saya masih beranggapan bahwa semakin tinggi resolusi yang saya gunakan maka semakin bagus hasilnya. Anggapan itu sebenarnya tidak salah. Secara teori, di dunia cetak mencetak, memang demikian adanya. Namun, dalam prakteknya, jasa digital printing yang biasa melayani cetak spanduk, hanya menggunakan resolusi antara 50-60 pixel/inch.

Mengapa demikian?Apakah para penyedia jasa digital printing itu tidak paham bahwa semakin tinggi resolusi akan semakin baik hasilnya? Apakah hal ini berkaitan dengan kemampuan cetak dari mesin yang mereka miliki? Atau memang ini hanya faktor keengganan saja?

Mari kita bicarakan sama-sama. Baca terus artikel ini.

Mengenai resolusi yang diperlukan untuk desain spanduk digital, kenyataannya memang tidak perlu lebih dari 60 pixel/inch. Ada beberapa alasan yang melandasi hal tersebut, yaitu :
  1. Spanduk adalah media luar ruang (outdoor), yang nota bene akan dilihat dari kejauhan. Karenanya, cara melihat dari jarak jauh itu tidak memerlukan resolusi yang besar melainkan cukup 60 pixel/inch. Meskipun angkanya kecil, namun jika dari kejauhan akan tetap terlihat bagus/tajam hasilnya.
  2. Resolusi yang melebihi 60 pixel/inch (apalagi sampai 300 pixel/inch), hanya akan membuat dokumen menjadi berat dan prosesnya akan lambat. Karena itu, walaupun kita membuat resolusi yang tinggi karena ingin hasil yang tajam, tetap saja operator yang ada di penyedia jasa digital printing akan menurunkannya hingga 60 pixel/inch.
  3. Menghemat tinta juga menjadi pertimbangan. Semakin tinggi resolusi hasil cetakan, maka tinta yang dibutuhkan semakin banyak. So jika dengan resolusi rendah yang lebih hemat hasilnya bagus kenapa pula harus menggunakan resolusi yang tinggi.
Itulah 3 alasan yang menurut saya menjadi alasan para penyedia jasa digital printing menggunakan resolusi 60 pixel/inch. Kesimpulan ini saya ambil berdasarkan pengamatan di sebuah tempat yang melayani cetak digital untuk spanduk dekat saya tinggal. Entah untuk di tempat lain saya tidak tahu apakah sama atau tidak. Kalau menurut logika sih, mestinya sama saja.
Jadi setelah mengetahui hal tersebut, selanjutnya saya selalu menggunakan resolusi 60 pixel/inch jika ingin mendesain spanduk digital. Saya juga merasa terbantu karena dengan resolusi seperti itu, pekerjaan menjadi lebih cepat prosesnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates